Jumat, 14 Juni 2013

sistem APA style


BAB I
PENDAHULUAN
1.1      Latar Belakang
Bahasa memiliki peranan penting dalam kehidupan, karena selain digunakan sebagai alat komunikasi secara langsung, bahasa juga dapat digunakan sebagai alat komunikasi secara tulisan. Di zaman era globalisasi dan pembangunan reformasi demokrasi ini, adalah hal yang sudah umum, kita menemukan banyak karya ilmiah, seperti skripsi yang merupakan tugas akhir yang harus ditempuh oleh para mahasiswa S1, Tesis; yang merupakan karya ilmiah yang diciptakan oleh Mahasiswa Pasca Sarjana (S2) sebagai tuntutan tugas akhir mereka, Disertasi, karya ilmiah yang diciptakan oleh mahasiswa yang mengambil program doctoral atau setingkat dengan S3 maupun makalah atau karya tulis yang dapat dibuat oleh seluruh kalangan masyarakat. Pada karya tulis tersebut, selain Bahasa yang digunakan haruslah Bahasa Indonesia yang baku, formal dan juga menurut Ejaan Yang Disempurnakan, seringkali penulis mengutip pernyataan atau teori ahli untuk mendukung karya tulis yang sedang mereka kerjakan. Di setiap akhir tulisan yang dibuat tersebut, selalu dituliskan daftar sumber yang digunakan sebagai acuan dalam menulis.
Pertanyaannya adalah bagaimana system penulisan kutipan dan daftar pustaka pada sebuah karya tulis ilmiah. Penulisan tersebut haruslah merujuk pada satu system penulisan yang baik dan benar serta diakui secara Internasional.
Teknik penulisan Kutipan dan juga daftar pustakan tersebut adalah yang akan dibahas dalam Makalah ini.  Terdapat banyak sekali jenis style format penulisan daftar pustaka, di antaranya: APA (American Psychological Association) Style, Chicago Style, GOST Style, MLA (Modern Language of America), AMA (American Medical Association), Vancouver, Turabian, dan Harvard Style. Setiap system penulisan memiliki ciri tersendiri bagaimana cara mengutip, dan format daftar pustaka. APA style termasuk format penulisan yang paling banyak digunakan.
Oleh karena itu, dalam Makalah ini, penulis akan menjelaskan system penulisan kutipan dan daftar pustaka dalam sebuah karya tulis ilmiah yang mengikuti aturan APA (American Psychological Association) Style.
1.2      Tujuan
Tujuan Penulis menyusun makalah ini, yaitu:
·         Memahami kaidah penulisan kutipan menggunakan APA Style
·         Memahami kaidah penulisan daftar pustaka menggunakan

















BAB II
PEMBAHASAN
2.1   Pengertian
Kutipan yaitu informasi yang diacur dari sumber lain yang dimanfaatkan dalam penelitian dan dikutip baik esensinya maupun statement lengkapnya dalam teks penulisan tesis/ skripsi/ disertasi atau karya tulis ilmiah dan laporan penelitian. Penulis dari seumber informasi yang diacu ini harus tercatat dalam daftar pustaka pada halaman terakhir.
Daftar pustaka adalah daftar bacaan yang disarankan untuk dibaca dan tidak diacu dalam tulisan, dalam tesis/ disertasi/ laporan, tetapi sekedar untuk memperluas wawasan bagi mereka yang ingin mengetahuinya lebih lanjut. Daftar pustaka tidak disarankan dalam penulisan laporan penelitian, seperti skripsi, tesis, dan disertasi. Maksudnya tentu agar penelitian, skripsi, tesis dan disertasi memanfaatkan sumber informasi yang telah ada atau penelitian yang telah dilakukan orang lain untuk dikembangkan sebagai inspirasi penelitian baru atau membangun suatu informasi baru.
Jadi kutipan maupun acuan yang kita gunakan dalam menulis merupakan Referensi. Tujuan dari penulisan referensi dalam karya ilmiah, yaitu:
1.      Agar dapat mengetahui sumber referensi yang digunakan dalam membuat karya ilmiah
2.      Memberikan penghargaan secara intelektual terhadap pemilik sumber referensi
3.      Menunjukkan apa saja yang telah dibaca.
Salah satu metode penelitian yaitu system penulisan referensi Harvard. System ini adalah gaya penulisan yang lebih disukai oleh British Standards Institution (1990), American Psychological Association (APA Style 2001). Gaya ini juga merupakan salah satu dari beberapa system yang direkomendasikan oleh Council of Science Editors (Scientific Style and Format 2006, dan Chicago Manual of Style (2003)). Selain itu terdapat beberapa metode penulisan referensi lainnya, yaitu: ISO 690, Chicago Style, Turabian, dll.
Chicago Manual of Style (CMS atau Chicago) adalah sebuah pedoman cara penulisan untuk Bahasa Inggris Amerika yang diterbitkan oleh University oof Chicago Press. Dari nama penerbit inilah diperoleh nama cara penulisannya. Cara penulisan Chicago sama dengan gaya yang dianjurkan oleh Turabian. Perbedaan jelas ialah bahwa system Turabian mengizinkan pembuatan catatan kaki atau catatan akhir ketimbang pengutipan dalam kalimat yang lebih disukai oleh system MLA, APA dan Bluebook. Namun demikian, perbedaan penting Turabian dengan cara penulisan APA ialah bahwa Turabian dikembangkan khusus dengan maksud digunakan dalam makalah yang ditulis untuk kelas dan bukan penerbitan, sementara APA aslinya dikembangkan oleh Asosiasi Psikologii Amerika untuk tulisan yang akan diterbitkan  dalam jurnal-jurnal professional.
Yang akan dibahas di sini adalah tata cara dan penulisan referensi dalam penulisan karya ilmiah dengan menggunakan metode APA Style dan contoh penulisannya pada artikel dalam jurnal, buku, artikel dalam seminar atau workshop dan sumber online. APA Style biasanya sering digunakan pada penulisan sains atau sosial sains.
2.2.  Penulisan Kutipan Menggunakan APA Style
Beberapa teknik kutipan versi APA Style adalah sebagai berikut:
2.2.1           Kutipan yang bersumber dari Buku
1.      Artikel / Sumber yang ditulis satu orang bisa menggunakan tiga cara penulisan, yaitu
Aturannya adalah meletakkan tahun terbitan dalam kurungan setelah nama pengarang yang dirujuk. Contoh:
“Hermana (2004) menyatakan bahwa adopsi internet oleh pengusaha kecil dipengaruhi oleh kemudahan penggunaan dan manfaat internet.”
“Menurut Hermana (2004), bahwa adopsi internet oleh pengusaha kecil dipengaruhi oleh kemudahan penggunaan dan manfaat internet.”
“Adopsi internet oleh pengusaha kecil dipengaruhi oleh kemudahan penggunaan dan manfaat internet.” (Hermana, 2004)
2.      Kutipan yang panjangnya lebih dari tiga baris ketikan


Cara penulisannya adalah sebagai berikut:
·         Diketik dengan menggunakan garis baru
·         Semua bagian kutipan diketik masuk sebanyak tujuh pukulan ketik
·         Diketik satu spasi  (spasi tunggal)
·         Tidak menggunakan tanda kutip
Sebagai contoh misalnya ini teks yang kemudian penulis membuat kutipan sebagai berikut:
       One vital element in good supervision is effective communication from the bottom up. With the building of our great industrial organizations, we have established highly efficient lines of communication from the top down, but the bigger the organization the more difficult it is to make those lines work both ways, and even in many small organizations we find workers isolated from their supervisors as far as their thoughts and feelings are concerned. And the workers resent such a condition.
3.      Artikel/ Sumber yang ditulis oleh lebih dari satu orang
Caranya sama seperti di atas, yakni bisa di depan atau di belakang, namun cukup menyebutkan nama keluarganya saja.
Contohnya:
“Menurut Platt dan Olsen (1990) pula, suatu program pendidikan khusus hanya akan dapat terlaksana dengan sempurna sekiranya guru-guru pendidikan khusus menerima tunjangan yang sesuai”.
4.      Bagi tiga pengarang atau lebih
Aturannya adalah tuliskan et.al selepas nama pengarang pertama.
Contoh:
“Adopsi internet pada wanita karir dipengaruhi oleh internet self-efficacy, internet anxiety, dan lain sebagainya. (Podemsky et.al, 1995)”



5.      Bagi lebih dari satu penerbitan
Caranya adalah Gunakan huruf kecil (a,b,c), untuk mengenal pasti dua atau lebih penerbitan bagi pengarang yang sama dan dikeluarkan pada tahun yang sama.
Contoh:
“Contoh perisian yang mengunakan bahasa pengaturcaraan kekangan ialah ILOG Solver (Puget dan Albert, 1994a)
“Pengunaan objek amat meluas, terutama dalam pengaturcaraan kepintaran buatan (Puget dan Albert, 1994b)
6.      Bagi artikel atau sumber yang tidak dibaca langsung
Caranya adalah artikel atau sumber yang tidak dibaca langsung, melainkan hanya diperoleh dari sumber lain yang kita baca, makapertama tuliskan nama belakang penulis pertama dalam kurung tahun penerbitan, lalu tuliskan dari penulis yang mengutip tulisan pertama.
Contoh:  
“Menurut Baum dan Maio (2000) seperti dikutip oleh Saber dkk (2006), tahapan pengembangan e-government terdiri dari empat tahap yaitu kemunculan, interaksi, transaksi dan transformasi.”

2.2.2 Kutipan yang diambil selain dari buku
1.      Jurnal

Menurut, Herrington (1998)……………

2.      Pernyataan dari tokoh atau pakar yang dipublikasikan pada sebuah media
Contoh:
“Saya kira pilar pilar satu sudah tidak ada persoalan. Pilar dua dan tiga yang saya kira akan terus kita dorong” (Muliaman D Haddad, Kompas Online, 27 Juni 2011)
3.      Tesis
Fadilah Kamsah(2000), mengatakan bahwa……….
4.      Halaman Web

…………….(Clinton, 1999).

5.      Bab atau Pasal dalam Buku
…………….(Beers & Berkow, 1999, chap. 189)

2.3      Penulisan Bibliografi Menggunakan APA Style

Bibliografi, daftar kepustakaan atau daftar buku yang berisi sumber-sumber yang digunakan untuk membuat sebuah karya tulis. Selain buku, dapat juga dimasukkan ke dalamnya majalah, pamphlet, surat kabar atau pun dari internet. Bibliografi dicantumkan di bagian belakang suatu karya ilmiah.
Penulisan bibliografi perlu mengikut format seperti berikut:
1.      Mengikut urutan abjad
2.      Mengikut aturan yang dimulai dengan nama pengarang, tahun terbit, tajuk, tempat terbit dan penerbit.
3.      Baris kedua dan seterusnya ditulis ke tengah (1 tab)
Berikut ialah contoh-contoh Bibliografi yang meanggunakan system penulisan APA Style
1.      Buku
Aturan dasar yang digunakan adalah:
Nama Akhir Penulis, Inisial Nama Depan. Inisial Nama Tengah. (Tahun Penerbitan). Judul Buku. Kota Penerbitan: Penerbit.
Untuk buku yang tidak diketahui penulisnya, maka Nama Penulis beserta inisialnya tidak usah dicantumkan, tetapi urutan setelahnya seperti aturan di atas.

• Buku: Anonim (tanpa nama penulis)

A World of Strangers: Order and action in urban public space.(1999).2nd.ed. New York: Basic     Books.

• Buku: (Penulis satu orang)

Lofland, L.(1999). A World of Strangers: Order and action in urban public space. New York: Basic Books.

• Buku : Penulis dua orang

Lofland, L & Taylor, I (1999). The New Criminalogy: For a social theory of deviance. New York: Harper & Row

• Buku: Penulis tiga orang

Lofland,L., Young, J. & Taylor, I (1999).The new criminology: For a social theory of deviance. New York: Harper & Row

• Buku: Lebih dari tiga Penulis

Lofland, L., et.al (1999). The new criminology : for a social theory of deviance. New York: Harper & Row.

• Buku Terjemahan

Rank. O. (1932). Psychology and the soul ( William Turner, Trans.) Philadephia: University of Pennsylavania Press.

• Buku yang dikarang oleh Badan Korporat

Commision on intergoverment relations (1995). Report to the President. Washington, DC: Author. Committee of public finance. (1999). Public Finance. New York:Pitman


• Buku Yang disunting

Friedman, R.J., & Katz, M.M. (Eds.) (1974). The psychology of depression: Contemporary theory and research. New York:Wiley.

• Manuskrip yang tidak diterbitkan

Hardison, R. (1983).On the shoulders of giant. Unpublished manuscript

2.      Selain Buku

• Artikel dari Majalah

Aturan penulisan majalah mirip dengan penulisan dari surat kabar atau jurnal, dimulai dengan nama belakang penulis, inisial nama depan, diikuti tahun, tanggal dan bulan publikasi yang ditulis di dalam kurung. Kemudian judul dari artikel, di mana hanya huruf awal judul yang menggunakan huruf capital, dan tuliskan nomor halaman di mana artikel tersebut dikutip.
Klinger, E. (2000, August). The power of daydreams. Psychology Today. 36-44. Shuttle crew studying ozone layer in atmosphere. (2000, April). Time. 34

• Artikel dari Surat Kabar

Mohammed Azam Noor. (1999, 3 july).’Why Ziana Zain as literary person for 1998?’ .New Straits Times : 25

• Artikel dari Jurnal

Aturan penulisan majalah mirip dengan penulisan dari surat kabar atau jurnal, dimulai dengan nama belakang penulis, inisial nama depan, diikuti tahun, tanggal dan bulan publikasi yang ditulis di dalam kurung. Kemudian judul dari artikel, di mana hanya huruf awal judul yang menggunakan huruf capital, Judul jurnal, Volume, Nomor halaman di mana artikel tersebut dikutip.
Herrington, A.J. (1998) The prototype as a construct in abnormal psychology. Journal of abnormal psychology, 90, 575-585.

Selain aturan penulisan yang diambil dari artikel yang berada di Jurnal. Apabila pada artikel terdiri dari tiga sampai enam penulis, maka menggunakan aturan sebagai berikut:
Contoh:

Hart, D., Keller,M., Edelstein, W., & Hofmann, V. (1998). Childhood personality influence on social-cognitive development: A longitude study. Journal of Personality and Social Psychology, 74, 1288-1289

• Tesis

Abdul Rahman Abdullah (2009). Kompetensi Komunikatif dan Strategi Komunikasi Bahasa Arab di Kalangan Pelajar Sek. Men. Keb. Agama di Negeri Selangor. Tesis Doktor Falsafah: Universiti Malaya.

• Disertasi Doktor

Smith A.B. (1999). Anlysis of interaction process and sociometric relatins developed during theraphy with offenders on probation. :Unpublished doctoral dissertations. New York: New York University.

• Seminar/Proceeding


Ali Hanafiah, Datuk & Tun Shah Ashari. (12-17 August 1999). ‘The effect of DNA testing on convicted felons in Malaysia’. In Proceeding of the International Seminar on DNA Testing and Their Effects on Human Beings. Kuala Lumpur

• Kertas kerja persidangan

Sheehan, W.J. (1999, April). Wicked as hell itself:women in prisons of Georgian London. In the meeting of The Academy of Criminal Justice Sciences. U.K. : Georgia.

• Laporan

Organization for Economic Cooperation and Development. (1983). Assessing the impacts of technology on society. (Report). Washington DC: U.S.G.P.O.

• Kaset Audio

Kenny, G. (producer & singer). (1996). Kenny G the moment [cassette]. New York: Arista Records, Inc.

• Film

Habsah Hassan (producer) & Othman Hafsam (director). (2000). Soal Hati [Film]. Kuala Lumpur: Serangkai Film Sdn Bhd.

Capra, F. (Director & Producer). (1934). It happened one night [Film]

Capra, F. (Director & Producer). (1999). It happened one night [Videocassette]


• Peta

Derbysgire, E. et al. (2000). Glacier map of Tasmania. [Map]. London: Royal Georgraphical Society.

• Fotografi

Rembrabdt. (1999). Two dancers on a stage.[Portraits]. London: National Gallery of Art.

• Wawancara

Mahathir Mohamed (1999, April 20). Prime Minister Malaysia. Personal Interview. Kuala Lumpur.

• Mikrofom

James, William. (2000). The principles of psychology.[Microform]. 2nd.Ed.Los Angeles: University of Southern California.

• Program Televisi

The haze in Malaysia: impact on tourism. (2000 Desember). Majalah 3. With Norazlina Ridzwan. TV3. Damansara, Selangor: Sistem Televisyen Malaysia Berhad.
Long, T. (Writer), & Moore, S. D (Director). (2002). Bart vs Lisa vs 3rd Grade [Television series episode]. In B. Oakley & J. Weinstein (Producers), The Simpsons. Episode: 1403 F55079. Fox




• Sumber Online

Aturan dasar untuk referensi dokumen online sama dengan penulisan referensi yang lain, tetapi ditambah dengan tambahan tanggal dan sumber pencarian yang didapat. Tulis hari pada waktu mengakses dokumen online tersebut dan URL dokumen itu berada.
Nama belakang penulis. Inisial nama belakang. Inisial nama tengah. (Tahun). Judul. Diakses pada bulan, tanggal, tahun, dari semuber (nama website).
Van Wagner, K. (2006). Guide to APA format. About Psychology. Diakses November 16, 2006 dari http://psychology.about.com/od/apastyle/guide\
Atau
Rice, J.C., McBride R.H. & Davis, J. (1998). Defining a web based learning environment. Retrieved November 16, 2006 from http://www.byu.edu/ipt/workshop/wbi/text.html

• E-mail

Day, Martha. Mday@usage.uvm.edu. (30 Julay 1999). Review of film---Chicken Run. E-mail to Xia Li (XLI@moose.com).

·   Komunikasi Personal

Komunikasi personal yang tidak dapat diterima atau disaksikan oleh pihak ketiga tidak perlu dimasukkan dalam daftar pustaka melainkan dijelaskan dalam teks dapat dalam bentuk e-mail, perbincangan, surat, faksimili, pembicaraan melalui telepon atau catatan kecil.
·   Perangkat Lunak
Dreamweaver MX 2004 [Computer Software]. (2003). San Fransisco: Macromedia
SPSS regression models (12.0 for Windows) [Computer Software]. (2003). Chicago: SPSS

9 komentar:

  1. The newest sixth edition of the manual contains extensively reorganized chapters and expanded guidelines in areas such as ethics, journal article reporting standards, statistics, electronic references, and preparation of tables and figures.


    APA Editor

    BalasHapus
  2. thanks, it's really help me a lot

    BalasHapus
  3. Thank you very very very much______--------------------- : )

    BalasHapus
  4. It is very useful for me. Thanks.

    BalasHapus
  5. untk penulisan journal apakah Bulan dan kota di sebutkan?, s

    BalasHapus
  6. Informasi sangat berguna. terima kasih

    BalasHapus
  7. it is very useful, thank you so much




    BalasHapus